PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: SUTIANI, WIDYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14912/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Taliwang yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar pre-tes dan post-tes diuji normalitasnya menggunakan kolomogorov-smirnof dengan bantuan program SPSS versi 21 kemudian diuji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 21, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji hipostesis menggunakan independent t test dengan bantuan SPSS versi 21 diperoleh hasil sig (2-tailed) pada equad variances assumed sebesar 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019.