PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: SUTIANI, WIDYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14912/
ctrlnum 14912
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14912/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND &#xD; INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK &#xD; KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>SUTIANI, WIDYA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran &#xD; Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta &#xD; didik kelas IV SD Negeri 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang &#xD; digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental &#xD; design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang &#xD; digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh. Populasi dan &#xD; sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Taliwang &#xD; yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai &#xD; kelas eksperimen. Data hasil belajar pre-tes dan post-tes diuji normalitasnya &#xD; menggunakan kolomogorov-smirnof dengan bantuan program SPSS versi 21 &#xD; kemudian diuji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 21, pengujian tersebut &#xD; menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data &#xD; dianalisis dengan uji hipostesis menggunakan independent t test dengan bantuan &#xD; SPSS versi 21 diperoleh hasil sig (2-tailed) pada equad variances assumed sebesar &#xD; 0,004 &lt; 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa &#xD; antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh model &#xD; pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar &#xD; IPA peserta didik kelas IV SDN 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf</identifier><identifier> SUTIANI, WIDYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14912</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUTIANI, WIDYA
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14912/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Taliwang yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar pre-tes dan post-tes diuji normalitasnya menggunakan kolomogorov-smirnof dengan bantuan program SPSS versi 21 kemudian diuji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 21, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji hipostesis menggunakan independent t test dengan bantuan SPSS versi 21 diperoleh hasil sig (2-tailed) pada equad variances assumed sebesar 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019.
id IOS5428.14912
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
last_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
recordtype dc
_version_ 1686351272652832768
score 17.538404