PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | SUTIANI, WIDYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf http://eprints.unram.ac.id/14912/ |
ctrlnum |
14912 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14912/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND 
INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK 
KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>SUTIANI, WIDYA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 
Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta 
didik kelas IV SD Negeri 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental 
design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang 
digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh. Populasi dan 
sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Taliwang 
yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai 
kelas eksperimen. Data hasil belajar pre-tes dan post-tes diuji normalitasnya 
menggunakan kolomogorov-smirnof dengan bantuan program SPSS versi 21 
kemudian diuji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 21, pengujian tersebut 
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data 
dianalisis dengan uji hipostesis menggunakan independent t test dengan bantuan 
SPSS versi 21 diperoleh hasil sig (2-tailed) pada equad variances assumed sebesar 
0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa 
antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh model 
pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar 
IPA peserta didik kelas IV SDN 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf</identifier><identifier> SUTIANI, WIDYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14912</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUTIANI, WIDYA |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND
INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK
KELAS IV SDN 9 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/14912/1/skripsi%20widya%20sutiani.pdf http://eprints.unram.ac.id/14912/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta
didik kelas IV SD Negeri 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental
design dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang
digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling jenuh. Populasi dan
sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Taliwang
yang berjumlah 41 siswa. Siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai
kelas eksperimen. Data hasil belajar pre-tes dan post-tes diuji normalitasnya
menggunakan kolomogorov-smirnof dengan bantuan program SPSS versi 21
kemudian diuji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 21, pengujian tersebut
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data
dianalisis dengan uji hipostesis menggunakan independent t test dengan bantuan
SPSS versi 21 diperoleh hasil sig (2-tailed) pada equad variances assumed sebesar
0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa
antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh model
pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar
IPA peserta didik kelas IV SDN 9 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. |
id |
IOS5428.14912 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-12-15T19:54:42Z |
last_indexed |
2019-12-15T19:54:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351272652832768 |
score |
17.538404 |