PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Main Author: Yolanda, Selva Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14300/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena signifikansi< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.