PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Main Author: Yolanda, Selva Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14300/
ctrlnum 14300
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14300/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING &#xD; BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP &#xD; PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN &#xD; PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK</title><creator>Yolanda, Selva Eka</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing &#xD; berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan &#xD; masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan &#xD; design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini &#xD; adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel &#xD; menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 &#xD; sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang &#xD; digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk &#xD; kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk &#xD; penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai &#xD; rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas &#xD; kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam &#xD; penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis &#xD; menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena &#xD; signifikansi&lt; 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan &#xD; konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf</identifier><identifier> Yolanda, Selva Eka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14300</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yolanda, Selva Eka
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14300/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena signifikansi< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
id IOS5428.14300
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-08-21T03:36:44Z
last_indexed 2019-09-09T19:25:54Z
recordtype dc
_version_ 1686351270350159872
score 17.538404