PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
Main Author: | Yolanda, Selva Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf http://eprints.unram.ac.id/14300/ |
ctrlnum |
14300 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14300/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING 
BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP 
PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN 
PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK</title><creator>Yolanda, Selva Eka</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing 
berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan 
masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan 
design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel 
menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 
sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang 
digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk 
kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk 
penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai 
rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas 
kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam 
penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis 
menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena 
signifikansi< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model 
pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan 
konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf</identifier><identifier> Yolanda, Selva Eka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14300</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yolanda, Selva Eka |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP
PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/14300/1/skripsi.pdf http://eprints.unram.ac.id/14300/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan
masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan
design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3
sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang
digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk
kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk
penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai
rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam
penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis
menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena
signifikansi< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan
konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. |
id |
IOS5428.14300 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-08-21T03:36:44Z |
last_indexed |
2019-09-09T19:25:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351270350159872 |
score |
17.538404 |