KEMAMPUAN EJAAN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII KHUSUS MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK

Main Author: ALIANNAFI, AHMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14274/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kemampuan penggunaan ejaan dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek. Latar belakang masalah penelitian ini, yaitu tidak tepatnya siswa dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan ejaan dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang ditinjau dari penulisan huruf yang hanya mencakup penulisan huruf kapital; penulisan kata yang meliputi penulisan kata ganti, kata depan, dan kata berimbuhan; serta penulisan tanda baca yang meliputi tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang berjumlah 17 orang dan data dalam penelitian ini, yaitu nilai tes siswa dalam penulisan ejaan pada teks deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 16,23 (2) kemampuan siswa dalam menggunakan kata ganti memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 17,17 (3) kemampuan siswa dalam menggunakan kata depan memperoleh hasil baik dengan nilai rata- rata 10,58 (4) kemampuan siswa dalam menggunakan kata berimbuhan memperoleh hasil baik dengan nilai rata-rata 14,35 (5) kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 16,70. Kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 75,05 atau berkategori baik.