KEMAMPUAN EJAAN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII KHUSUS MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK
Main Author: | ALIANNAFI, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14274/1/skripsi.pdf http://eprints.unram.ac.id/14274/ |
ctrlnum |
14274 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14274/</relation><title>KEMAMPUAN EJAAN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI 
SISWA KELAS VII KHUSUS MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK</title><creator>ALIANNAFI, AHMAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kemampuan penggunaan ejaan 
dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra 
Kapek. Latar belakang masalah penelitian ini, yaitu tidak tepatnya siswa dalam 
menggunakan ejaan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini 
untuk mendeskripsikan kemampuan ejaan dalam menulis teks deskripsi siswa 
kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang ditinjau dari penulisan 
huruf yang hanya mencakup penulisan huruf kapital; penulisan kata yang meliputi 
penulisan kata ganti, kata depan, dan kata berimbuhan; serta penulisan tanda baca 
yang meliputi tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung. Jenis penelitian ini 
adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam 
penelitian ini adalah siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang 
berjumlah 17 orang dan data dalam penelitian ini, yaitu nilai tes siswa dalam 
penulisan ejaan pada teks deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode 
dokumentasi dan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode 
kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Metode penyajian hasil analisis data 
yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 
(1) kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital memperoleh hasil sangat 
baik dengan nilai rata-rata 16,23 (2) kemampuan siswa dalam menggunakan kata 
ganti memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 17,17 (3) kemampuan 
siswa dalam menggunakan kata depan memperoleh hasil baik dengan nilai rata-
rata 10,58 (4) kemampuan siswa dalam menggunakan kata berimbuhan 
memperoleh hasil baik dengan nilai rata-rata 14,35 (5) kemampuan siswa dalam 
menggunakan tanda baca memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 
16,70. Kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan secara keseluruhan 
memperoleh nilai rata-rata 75,05 atau berkategori baik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/14274/1/skripsi.pdf</identifier><identifier> ALIANNAFI, AHMAD (2019) KEMAMPUAN EJAAN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII KHUSUS MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>14274</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ALIANNAFI, AHMAD |
title |
KEMAMPUAN EJAAN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI
SISWA KELAS VII KHUSUS MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/14274/1/skripsi.pdf http://eprints.unram.ac.id/14274/ |
contents |
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kemampuan penggunaan ejaan
dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra
Kapek. Latar belakang masalah penelitian ini, yaitu tidak tepatnya siswa dalam
menggunakan ejaan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan kemampuan ejaan dalam menulis teks deskripsi siswa
kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang ditinjau dari penulisan
huruf yang hanya mencakup penulisan huruf kapital; penulisan kata yang meliputi
penulisan kata ganti, kata depan, dan kata berimbuhan; serta penulisan tanda baca
yang meliputi tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII khusus MTs Al-Aziziyah Putra Kapek yang
berjumlah 17 orang dan data dalam penelitian ini, yaitu nilai tes siswa dalam
penulisan ejaan pada teks deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
dokumentasi dan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode
kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Metode penyajian hasil analisis data
yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1) kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital memperoleh hasil sangat
baik dengan nilai rata-rata 16,23 (2) kemampuan siswa dalam menggunakan kata
ganti memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata 17,17 (3) kemampuan
siswa dalam menggunakan kata depan memperoleh hasil baik dengan nilai rata-
rata 10,58 (4) kemampuan siswa dalam menggunakan kata berimbuhan
memperoleh hasil baik dengan nilai rata-rata 14,35 (5) kemampuan siswa dalam
menggunakan tanda baca memperoleh hasil sangat baik dengan nilai rata-rata
16,70. Kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan secara keseluruhan
memperoleh nilai rata-rata 75,05 atau berkategori baik. |
id |
IOS5428.14274 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-08-21T03:36:41Z |
last_indexed |
2019-08-21T03:36:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351270283051008 |
score |
17.538404 |