PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Mutmainnah, Maya Indatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf http://eprints.unram.ac.id/13843/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita pada siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan menulis cerita sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pada kelas eksperimen adalah 67,5 dan kelas kontrol adalah 60,9. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,62 dan t tabel 2,00 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019.