PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Mutmainnah, Maya Indatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf
http://eprints.unram.ac.id/13843/
ctrlnum 13843
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/13843/</relation><title>PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN &#xD; MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI &#xD; KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Mutmainnah, Maya Indatul</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media &#xD; Poster terhadap kemampuan menulis cerita pada siswa kelas V SD di Gugus VI &#xD; Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan &#xD; bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian &#xD; eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group &#xD; design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. &#xD; Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk &#xD; memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan menulis cerita &#xD; sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan &#xD; pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis &#xD; menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari &#xD; penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita. Berdasarkan hasil &#xD; posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pada kelas &#xD; eksperimen adalah 67,5 dan kelas kontrol adalah 60,9. Hasil pengujian hipotesis &#xD; diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,62 dan t tabel 2,00 &#xD; sehingga dapat diketahui t hitung &gt; t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho &#xD; dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan &#xD; bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan media Poster terhadap &#xD; kemampuan menulis cerita siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar &#xD; Tahun Pelajaran 2018/2019.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf</identifier><identifier> Mutmainnah, Maya Indatul (2019) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>13843</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mutmainnah, Maya Indatul
title PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf
http://eprints.unram.ac.id/13843/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita pada siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan menulis cerita sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pada kelas eksperimen adalah 67,5 dan kelas kontrol adalah 60,9. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,62 dan t tabel 2,00 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019.
id IOS5428.13843
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-06-21T00:28:09Z
last_indexed 2019-06-21T00:28:09Z
recordtype dc
_version_ 1686351268318019584
score 17.538404