PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Mutmainnah, Maya Indatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf http://eprints.unram.ac.id/13843/ |
ctrlnum |
13843 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/13843/</relation><title>PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN 
MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI 
KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Mutmainnah, Maya Indatul</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media 
Poster terhadap kemampuan menulis cerita pada siswa kelas V SD di Gugus VI 
Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan 
bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian 
eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group 
design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. 
Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk 
memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan menulis cerita 
sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan 
pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis 
menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari 
penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita. Berdasarkan hasil 
posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pada kelas 
eksperimen adalah 67,5 dan kelas kontrol adalah 60,9. Hasil pengujian hipotesis 
diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,62 dan t tabel 2,00 
sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho 
dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan 
bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan media Poster terhadap 
kemampuan menulis cerita siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar 
Tahun Pelajaran 2018/2019.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf</identifier><identifier> Mutmainnah, Maya Indatul (2019) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>13843</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mutmainnah, Maya Indatul |
title |
PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN
MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD GUGUS VI
KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/13843/1/SKRIPSI%20MAYA%20INDATUL%20M%2021.pdf http://eprints.unram.ac.id/13843/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media
Poster terhadap kemampuan menulis cerita pada siswa kelas V SD di Gugus VI
Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan
bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group
design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.
Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan kemampuan menulis cerita
sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan
pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari
penggunaan media Poster terhadap kemampuan menulis cerita. Berdasarkan hasil
posttest diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pada kelas
eksperimen adalah 67,5 dan kelas kontrol adalah 60,9. Hasil pengujian hipotesis
diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,62 dan t tabel 2,00
sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho
dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan media Poster terhadap
kemampuan menulis cerita siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Lingsar
Tahun Pelajaran 2018/2019. |
id |
IOS5428.13843 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-06-21T00:28:09Z |
last_indexed |
2019-06-21T00:28:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351268318019584 |
score |
17.538404 |