PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE TIPE VALUE INQUIRY RANDOM QUESTION TECHNIQUE (VCT TIPE VIRQT) TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA

Main Author: MEGAWATI, MEGAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12219/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12219/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Value Inquiry Random Question Technique (VIRQT) terhadap Sikap Sosial siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Praya Barat Daya. Sampel dalam penelitian ini sebanya 23 orang pada kelas eksperimen dan 23 orang pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan bentuk skala sikap sebanyak 71 soal yang telah memenuhi Validitas dan realibilitas instrumen. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung (264.625) > ttabel (1.671) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat dinyatakan hipotesis penelitian ini diteima yang berarti ada pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Value Inquiry Random Question Technique (VIRQT) terhadap Sikap Sosial siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Praya Barat Daya.