PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: ARIANI, IDA AYU DEVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11979/1/Jurnal%20Ida%20Ayu%20Devi%20Ariani.%20E1E214040.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11979/
Daftar Isi:
  • Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus III Kecamatan Sandubaya yang berjumlah 229 orang dengan teknik pengambilan sampel, yakni Sampling Purposive, ada dua kelas yang menjadi sampel penelitian, yakni kelas V.A SDN 8 Cakranegara dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 44 Cakranegara dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji t t-test Separated Varians karena kedua sampel memiliki jumlah siswa yang sama, yakni 21 orang. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis didapatkan bahwa thitung (2,9783) lebih besar dari ttabel (1,684) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2018/2019.