PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: MAHRUM, MAHRUM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf
http://eprints.unram.ac.id/11934/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014.