PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | MAHRUM, MAHRUM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf http://eprints.unram.ac.id/11934/ |
ctrlnum |
11934 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/11934/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>MAHRUM, MAHRUM</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf</identifier><identifier> MAHRUM, MAHRUM (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>11934</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MAHRUM, MAHRUM |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf http://eprints.unram.ac.id/11934/ |
contents |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014. |
id |
IOS5428.11934 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:10:03Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:10:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351260776660992 |
score |
17.538404 |