PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: MAHRUM, MAHRUM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf
http://eprints.unram.ac.id/11934/
ctrlnum 11934
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/11934/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH&#xD; TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>MAHRUM, MAHRUM</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf</identifier><identifier> MAHRUM, MAHRUM (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>11934</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MAHRUM, MAHRUM
title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/11934/1/SKRIPSI%20MAHRUM.rtf
http://eprints.unram.ac.id/11934/
contents Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014.
id IOS5428.11934
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:10:03Z
last_indexed 2019-05-08T15:10:03Z
recordtype dc
_version_ 1686351260776660992
score 17.538404