PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMPN 1 KEDIRI
Main Author: | HABIBI, M AQIDATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1121/1/SKRIPSI.docx http://eprints.unram.ac.id/1121/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composit (CIRC) terhadap keaktifan dan hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan rancangan pre eksperimen dengan desain Statis Grup Comparasion. Populasi dal penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiridari delapan kelas dan di ambil sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas sta Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi data keaktifan dan t pilihan ganda 20 soal yang memenuhi validitas realibilitas. Berdasarkan ha analisis dengan uji t menunjukkan bahwa t hitung tingkat keaktifan sebesar (3,2 dan hasil belajar (5,4881) t tabel (1,671). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keakti dan hasil belajar PPKn.