PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING JENIS LABA-LABA (SPIDER CONCEPT MAP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 LABUAPI

Main Author: REZA, RIYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10945/1/jurnal%20riya%20reza.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10945/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 20 item untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Data hasil pemahaman konsep siswa diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2,321) > (2,000) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi.