PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA

Main Author: Ibrahim, Ibrahim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1091/1/skripsi%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1091/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures berbantuan (CUPs) LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Populasinya adalah semua peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Sedangkan Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes tertulis berbentuk soal uraian. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CUPs berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah optik.