PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA

Main Author: Ibrahim, Ibrahim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1091/1/skripsi%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1091/
ctrlnum 1091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/1091/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING&#xD; PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP&#xD; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK&#xD; PADA PESERTA DIDIK SMA</title><creator>Ibrahim, Ibrahim</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran&#xD; conceptual understanding procedures berbantuan (CUPs) LKPD terhadap&#xD; kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA. Penelitian ini adalah&#xD; penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan untreated control group design&#xD; with pretest and posttest. Populasinya adalah semua peserta didik kelas XI IPA&#xD; SMAN 4 Mataram. Sedangkan Pengambilan sampel menggunakan teknik&#xD; purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas&#xD; eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data&#xD; kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes tertulis berbentuk soal&#xD; uraian. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model&#xD; pembelajaran CUPs berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah&#xD; optik.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/1091/1/skripsi%20fix.pdf</identifier><identifier> Ibrahim, Ibrahim (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>1091</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ibrahim, Ibrahim
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK PADA PESERTA DIDIK SMA
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/1091/1/skripsi%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1091/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures berbantuan (CUPs) LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Populasinya adalah semua peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram. Sedangkan Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes tertulis berbentuk soal uraian. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CUPs berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah optik.
id IOS5428.1091
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-03-30T03:15:34Z
last_indexed 2018-03-30T03:15:34Z
recordtype dc
_version_ 1686351081117843456
score 17.538404