PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 MATARAM KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: ALAMANDA, FIOLA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10810/1/ARTIKEL%20FIOLA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10810/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Mataram kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction) dan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi pola bilangan dan barisan bilangan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design yaitu posttest-only non equivalent group design. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran ARIAS dan siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dan barisan bilangan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan secara signifikan antara hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assesment, dan Satisfaction) dan STAD (Student Teams Achievement Division). Sehingga kedua model tersebut sama-sama baik untuk digunakan sebagai alternatif model pembelajaran matematika.