Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Melalui Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Dan XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu

Main Author: Anggi, Astatih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/558/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/6/bab6.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/7/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/558/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari populasi 104 siswa kelas X dan XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu dengan sampel 83 siswa, teknik pengambilan data yaitu stratified random sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji sobel dengan bantuan program SPSS Versi 21.00. Data hasil belajar menggunakan alat ukur nilai ulangan harian siswa pada mata pelajaran ekonomi. Self efficacy dan kemandirian belajar diukur dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar, besarnya pengaruh yang diberikan 0.260. Ada pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap kemadirian belajar besarnya pengaruh yang diberikan 0.873. Ada pengaruh yang signifikan antara kemadirian belajar terhadap hasil belajar, besarnya pengaruh yang diberikan 0.250. Dan tidak ada pengaruh secara tidak langsung yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar melalui kemadirian belajar. Selain itu untuk besarnya pengaruh yang diberikan yaitu 0.0589, berarti kemandirian belajar tidak memediasi sepenuhnya dari self efficacy terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Self Efficacy, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar