SIMTEM TANDA DAN STRATEGI KREATIF DALAM IKLAN TELEVISI

Main Author: I Nyoman , Larry Julianto
Format: Monograph PeerReviewed application/msword
Terbitan: ISI Denpasar , 2008
Subjects:
Online Access: http://repo.isi-dps.ac.id/660/1/SIMTEM_TANDA_DAN_STRATEGI_KREATIF_DALAM.doc
http://repo.isi-dps.ac.id/660/
Daftar Isi:
  • Iklan tolak angin yang ditayngkan pada media televisi memiliki berbagai keunikan tersendiri yai5u adanya berbagai macam sisitem tanda atau makna serta penerapan strategi kreatif yang unik dalam perwujudannya. Tujuan penelitian ini adalah mampu menjelaskan relasi sistem tanda (makna) pada wujud (tata ungkap pesan) iklan dari sidomuncul dalam hal ini iklan tolak angin versi “truli Indonesia” (Agnes dan Butet), tolak angin versi “kerja keras, go Internasional” (Agnes Monica) dan iklan tolak angin versi “Indonesia memang hebat” (Agnes dan Ari Lasso), yang dapat mempengaruhi khalayak sasaran atau target audience serta mampu menjelaskan daya tarik pesan serta pendekatan strategi kreatif yang dipilih pada wujud iklan (tata ungkap pesan) pada media televisi dari Sidomncul tersebut dapat mengkomunkasikan maksud dan tujuan pengiklanannya dengan baik berkaitan dengan tolok ukur, dengan menguraikan unsur-unsur visual yang diterapkan sehingga dapat mempengaruhi khalayak sasaran atau target audience berdasarkan pendekatan semiotika dan mampu menganalisa strategi kreatif yang digunakan dalam perwujudan iklannya.