Aplikasi Contextual Teaching And Learning (CTL) sensitif gender bagi peningkatan kualitas mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Riadhul Ulum Sintung Kecamatan Ampenan Kota Mataram
Main Author: | Nurhilaliati, Nurhilaliati |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Pengabdian Masyarakat (Lemlit)
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/919/1/PENGABDIAN07.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/919/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA Pengembangan madrasah di NTB masih berorientasi kuantitas, bukan/belum kualitas. Termasuk di sini adalah Madrasah Tsanawiyyah Riadhul Ulum Sintung Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Madrasah ini, dalam pengamatan kami selama beberapa bulan, menyimpan masalah yang menghambat ketercapaian mutu pendidikan, baik internal maupun eksternal. Beberapa hasil identifikasi sementara ini, masalah internal yang dihadapi oleh Madrasah Riadhul Ulum adalah rendahnya kualitas kompetensi guru sehingga banyak guru yang terpaksa mengasuh mata ajar yang bukan bidangnya, prestasi dan life skill siswa yang masih rendah, implementasi kurikulum belum optimal, managemen pengelolaan madrasah, kemampuan managerial kepala sekolah, dan intervensi yayasan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Sedangkan masalah eksternal yang dihadapi madrasah ini adalah terkait dengan rendahnya partisipasi masyarakat (orang tua, Dinas/instansi terkait, Lembaga Usaha, Perguruan Tinggi dan Lembaga Swadaya Masyarakat) dalam menyelenggarakan pendidikan madrasah yang bermutu