Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement

Main Author: Kristayulita, Kristayulita
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/135/
http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Dua aspek penalaran yang terlibat dalam pembelajaran matematika adalah penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran induktif mencakup generalisasi, penalaran analogi, dan sebab akibat [12]. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan Clement [4] dalam memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran analogi siswa, yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk menggali, memaparkan, dan mendeskripsikan bagaimana mengidentifikasi penalaran analogi siswa kelas VII MTs Surya Buana dari masalah analogi yang diberikan. Hasil yang diperoleh bahwa subjek teridentifikasi melakukan 4 (empat) tahapan menurut Clement dalam menyelesaikan masalah analogi yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings.