Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement
Main Author: | Kristayulita, Kristayulita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/135/ http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf |
ctrlnum |
135 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/135/</relation><title>Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement</title><creator>Kristayulita, Kristayulita</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><subject>139999 Education not elsewhere classified</subject><description>INDONESIA:

Dua aspek penalaran yang terlibat dalam pembelajaran matematika adalah penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran induktif mencakup generalisasi, penalaran analogi, dan sebab akibat [12]. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan Clement [4] dalam memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran analogi siswa, yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk menggali, memaparkan, dan mendeskripsikan bagaimana mengidentifikasi penalaran analogi siswa kelas VII MTs Surya Buana dari masalah analogi yang diberikan. Hasil yang diperoleh bahwa subjek teridentifikasi melakukan 4 (empat) tahapan menurut Clement dalam menyelesaikan masalah analogi yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings.</description><publisher>Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta</publisher><date>2015-11-14</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf</identifier><identifier> Kristayulita, Kristayulita (2015) Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement. Prosing Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. pp. 799-806. ISSN 978-602-73403-0-5 </identifier><relation>http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf</relation><recordID>135</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kristayulita, Kristayulita |
title |
Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement |
publisher |
Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta |
publishDate |
2015 |
isbn |
9786027340305 |
topic |
130105 Primary Education 130199 Education systems not elsewhere classified 139999 Education not elsewhere classified |
url |
http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/135/ http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf |
contents |
INDONESIA:
Dua aspek penalaran yang terlibat dalam pembelajaran matematika adalah penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran induktif mencakup generalisasi, penalaran analogi, dan sebab akibat [12]. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan Clement [4] dalam memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran analogi siswa, yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk menggali, memaparkan, dan mendeskripsikan bagaimana mengidentifikasi penalaran analogi siswa kelas VII MTs Surya Buana dari masalah analogi yang diberikan. Hasil yang diperoleh bahwa subjek teridentifikasi melakukan 4 (empat) tahapan menurut Clement dalam menyelesaikan masalah analogi yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. |
id |
IOS5284.135 |
institution |
Universitas Islam Negeri Mataram |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
957 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Mataram |
library_id |
879 |
collection |
Repository UIN Mataram |
repository_id |
5284 |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5284 |
first_indexed |
2019-05-08T11:54:11Z |
last_indexed |
2019-05-08T11:54:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686333477891342336 |
score |
17.538404 |