Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement

Main Author: Kristayulita, Kristayulita
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/135/
http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf
ctrlnum 135
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/135/</relation><title>Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement</title><creator>Kristayulita, Kristayulita</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><subject>139999 Education not elsewhere classified</subject><description>INDONESIA:&#xD; &#xD; Dua aspek penalaran yang terlibat dalam pembelajaran matematika adalah penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran induktif mencakup generalisasi, penalaran analogi, dan sebab akibat [12]. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan Clement [4] dalam memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran analogi siswa, yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk menggali, memaparkan, dan mendeskripsikan bagaimana mengidentifikasi penalaran analogi siswa kelas VII MTs Surya Buana dari masalah analogi yang diberikan. Hasil yang diperoleh bahwa subjek teridentifikasi melakukan 4 (empat) tahapan menurut Clement dalam menyelesaikan masalah analogi yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings.</description><publisher>Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta</publisher><date>2015-11-14</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf</identifier><identifier> Kristayulita, Kristayulita (2015) Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement. Prosing Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. pp. 799-806. ISSN 978-602-73403-0-5 </identifier><relation>http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf</relation><recordID>135</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kristayulita, Kristayulita
title Penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement
publisher Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta
publishDate 2015
isbn 9786027340305
topic 130105 Primary Education
130199 Education systems not elsewhere classified
139999 Education not elsewhere classified
url http://repository.uinmataram.ac.id/135/1/135.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/135/
http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-114.pdf
contents INDONESIA: Dua aspek penalaran yang terlibat dalam pembelajaran matematika adalah penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran induktif mencakup generalisasi, penalaran analogi, dan sebab akibat [12]. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan Clement [4] dalam memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran analogi siswa, yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk menggali, memaparkan, dan mendeskripsikan bagaimana mengidentifikasi penalaran analogi siswa kelas VII MTs Surya Buana dari masalah analogi yang diberikan. Hasil yang diperoleh bahwa subjek teridentifikasi melakukan 4 (empat) tahapan menurut Clement dalam menyelesaikan masalah analogi yaitu generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings.
id IOS5284.135
institution Universitas Islam Negeri Mataram
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 957
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Mataram
library_id 879
collection Repository UIN Mataram
repository_id 5284
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5284
first_indexed 2019-05-08T11:54:11Z
last_indexed 2019-05-08T11:54:11Z
recordtype dc
_version_ 1686333477891342336
score 17.538404