Pengaruh media digital dan berpikir kritis terhadap kemampuan pemahaman bacaan (penelitian eksperimen pada Semester Tiga Program Studi Bahasa Inggris Uin mataram)
Main Author: | Khusniah, Nurul Lailatul |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/132/1/132.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/132/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan; I) apakahada pengaruh antara kemampuan pernaharnan bacaan antara rnahasiswa yang belajar dengan blog dan video interaktif, 2) hubungan 9\teraksi antara media digital dan berpikir kritis terhadap kemampuan pernahaman bacaan, 3) emampuan pemaharnan bacaan anrara mahasiswa yang bclajar dengan blog dan video inreraktif pada elompok yang berpikir kritis tinggi, 4) kemampuan pemahaman bacaan antara mahasiswa yang belajar dengan blog dan video interaktif pada kelompok yang berpikir kritis rendah. Data dikumpulkan; I) tes bacaan pilihan ganda untuk berpikir kritis, dan res pilihan ganda untuk instrumcn pemahaman bacaan.Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2.Teknik analisis menggunakan analisis dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; I) ada hubungan signifikan kemampuan pemahaman bacaan autara mahasiswa yang belajar dengan blog dan video interkatif. 2) Fh (bxk) = 6.53 danFt (0,05 (4,04) = 4.08. 2) artinya ada hubungan interaktif. 3) Kemampuan pemahaman bacaan yang belajarmenggunakan blog lebih baik daripada video interaktif pada kelompok mahasiswa )'ang berpikir kritis tinggi dengan hasil Qac,;owii 9. 74. 4) Kemampuan pemahaman bacaan kelompok mahasiswa yang belajar dengan video interaktif lebih baik daripada blog pada kelompok mahasiswa yang berpikir kritis rcndah, yaitu Oaccoun1 I 0.66. INGGRIS: The purpose of this research was to find out whether there is any influence between(!) reading omprehcnsion ability between students that was learned by blog and interactive video, 2) interaction between digital media and critical thinking on reading comprehension ability, 3) reading comprehension ability between students that was learned by blog and interactive video in high critical thinking, 4) reading comprehension ability between students that was learned by blog and interactive video in low critical thinking. The data was collected through {I) multiple choice reading test of critical thinking instmmcnt and (2) multiple choice reading test of reading comprehension instrument. The research used treatment by level 2 x 2 design. The technique of analysis data used two ways A.NOVA. The research finding shows that: I) it is significant between reading comprehension ability between students that was learned by the blog and interactive video, it is Fh (bxk) = 6.53 and Ft (0,05 (4,04) = 4.08. So, Fh{k) > Ft that is interaction. Reading comprehensions ability has studied using blog was better than interactive video in high critical thinking with Qxcoun1 9,74. Reading comprehensions ability has studied using interactive video was better than a blog in low critical thinking with Oaccounc 10.66.