Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Jigsaw
Main Author: | Tampubolon, Roika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL GLOBAL EDUKASI
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409 http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409/338 |
Daftar Isi:
- Latar belakaag penelitian ini adalah keaktifan siswa yang masih sangat rendah dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hal ini terbukti bahwa di kelas VII-A rata-rata hasil ulangan blok mata pelajaran PKn hanya mencapai 5,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 4 siswa dari jumlah siswa keseluruhan 34 siswa (11,76%). Di samping itu, dari hasil angket terhadap 34 siswa di kelas VII-A mengatakan bahwa 48% siswa merasa bosan karena hanya menggunakan metode ceramah ketika mengajar, 58% siswa tidak memperlihatkan penjelasan guru, 68% siswa mengatakan tidak memahami materi yang telah diajarkan dan 68% siswa mengatakan PKn merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal yang demikian tentunya menjadi satu masalah bagi guru untuk mencari jalan penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah: (i) mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui model pembelajaran Jigsaw; (ii) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw; (iii) mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Jigsaw.Kata kunci: Jigsaw, kedaulatan rakyat, sistem pemerintah