Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Main Author: Tampubolon, Roika
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL GLOBAL EDUKASI , 2019
Online Access: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409/338
ctrlnum article-409
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Jigsaw</title><creator>Tampubolon, Roika</creator><description lang="en-US">Latar belakaag penelitian ini adalah keaktifan siswa yang masih sangat rendah dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hal ini terbukti bahwa di kelas VII-A rata-rata hasil ulangan blok mata pelajaran PKn hanya mencapai 5,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 4 siswa dari jumlah siswa keseluruhan 34 siswa (11,76%). Di samping itu, dari hasil angket terhadap 34 siswa di kelas VII-A mengatakan bahwa 48% siswa merasa bosan karena hanya menggunakan metode ceramah ketika mengajar, 58% siswa tidak memperlihatkan penjelasan guru, 68% siswa mengatakan tidak memahami materi yang telah diajarkan dan 68% siswa mengatakan PKn merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal yang demikian tentunya menjadi satu masalah bagi guru untuk mencari jalan penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah: (i) mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui model pembelajaran Jigsaw; (ii) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw; (iii) mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Jigsaw.Kata kunci: Jigsaw, kedaulatan rakyat, sistem pemerintah</description><publisher lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-12-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409</identifier><source lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI; Vol 3, No 3 (2019): Desember 2019; 185-190</source><source>2614-5588</source><source>2597-873X</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409/338</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JURNAL GLOBAL EDUKASI</rights><recordID>article-409</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Tampubolon, Roika
title Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Jigsaw
publisher JURNAL GLOBAL EDUKASI
publishDate 2019
url http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/409/338
contents Latar belakaag penelitian ini adalah keaktifan siswa yang masih sangat rendah dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hal ini terbukti bahwa di kelas VII-A rata-rata hasil ulangan blok mata pelajaran PKn hanya mencapai 5,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 4 siswa dari jumlah siswa keseluruhan 34 siswa (11,76%). Di samping itu, dari hasil angket terhadap 34 siswa di kelas VII-A mengatakan bahwa 48% siswa merasa bosan karena hanya menggunakan metode ceramah ketika mengajar, 58% siswa tidak memperlihatkan penjelasan guru, 68% siswa mengatakan tidak memahami materi yang telah diajarkan dan 68% siswa mengatakan PKn merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Hal yang demikian tentunya menjadi satu masalah bagi guru untuk mencari jalan penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah: (i) mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui model pembelajaran Jigsaw; (ii) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw; (iii) mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Jigsaw.Kata kunci: Jigsaw, kedaulatan rakyat, sistem pemerintah
id IOS5200.article-409
institution smart education
institution_id 1173
institution_type library:special
library
library Jurnal Global Edukasi
library_id 1392
collection Jurnal Global Edukasi
repository_id 5200
subject_area Pendidikan
city Kisaran
province SUMATERA UTARA
repoId IOS5200
first_indexed 2020-06-15T21:29:49Z
last_indexed 2020-07-06T22:21:40Z
recordtype dc
_version_ 1686320536481693696
score 17.538404