Penggunaan Model Pembelajaran Mnemonik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Main Author: Zega, Imanfati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL GLOBAL EDUKASI , 2017
Online Access: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/22
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/22/22
Daftar Isi:
  • Abstract: This research was conducted at Private Junior Secondary Pembda 2 Gunungsitoli, This research aimed to increase the use of Mnemonic learning model can improve students' memorization ability on the material of People Sovereignty in class VII-2 Private Junior High School 2 Gunungsitoli. The subjects of this study are students of class VII-2 with a total of 36 students. The ability to memorize in cycle I reaches an average value of 73.14. In cycle II average reach 85.14. The ability to memorize in cycle I to reach mastery learning classical equal to 73,61% after cycle II, completeness learn classical reach 89,43%. Keyword: mnemonic, popular sovereignty Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan model pembelajaran Mnemonik dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada materi Kedaulatan Rakyat di kelas VII-2 SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah siswa 36 orang. Kemampuan menghafal pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73,14. Pada siklus II rata-rata mencapai 85,14. Kemampuan menghafal pada siklus I mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,61% setelah siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,43%. Kata kunci: mnemonik, kedaulatan rakyat