Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Gambar

Main Author: Rayanta, Dian
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL GLOBAL EDUKASI , 2018
Online Access: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167/126
ctrlnum article-167
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Gambar</title><creator>Rayanta, Dian</creator><description lang="en-US">Abstract: This study aims to describe the improvement of the ability of students of class IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane in understanding the history of the money after following the learning designed by using this image media, students are expected to be able to describe the history of the money well. In this class action research, students are said to be successful in learning when it has achieved the value of classical learning completeness of 70. The subjects of this study are students of class IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane. The research design used is a classroom action research design conducted in two cycles. Data collection research using test techniques. The result of this research is there is improvement of student ability in IPS study on class IX-1 students of SMP Negeri 1 Buntu Pane starting from cycle I and cycle II. The student's average score increased from 76.80 to 82.22. The result of IPS cycle I study test with average score reached 76.80 included in the category enough because it is in the range of values 61-75. IPS learning test results in cycle II obtained an average value of 82.22. Based on these data can be seen that the average value is included in either category that is within the range between 76-90. Achieving the score means it has met even exceed the target set. Keywords: pictures, money Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane dalam memahami sejarah terjadinya uang setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan menggunakan media gambar ini, siswa diharapkan mampu mendeskripsikan sejarah terjadinya uang dengan baik. Dalam penelitian tindakan kelas ini, siswa dikatakan berhasil dalam pembelajaran apabila telah mencapai nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penilitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam belajar IPS pada siswa kelas kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane mulai dari siklus I dan siklus II. Nilai-rata-rata siswa meningkat dari 76.80 menjadi 82.22. Hasil tes belajar IPS siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 76.80 termasuk dalam kategori cukup karena berada pada rentang nilai 61-75. Hasil tes belajar IPS pada siklus II didapat nilai rata-rata sebesar 82.22. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik yakni berada dalam rentang antara 76-90. Pencapaian skor tersebut berarti sudah memenuhi bahkan melampaui target yang sudah ditetapkan. Kata kunci: gambar, uang</description><publisher lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-11</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167</identifier><source lang="en-US">JURNAL GLOBAL EDUKASI; Vol 1, No 5 (2018): April 2018; 611 - 617</source><source>2614-5588</source><source>2597-873X</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167/126</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 JURNAL GLOBAL EDUKASI</rights><recordID>article-167</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Rayanta, Dian
title Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Gambar
publisher JURNAL GLOBAL EDUKASI
publishDate 2018
url http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/167/126
contents Abstract: This study aims to describe the improvement of the ability of students of class IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane in understanding the history of the money after following the learning designed by using this image media, students are expected to be able to describe the history of the money well. In this class action research, students are said to be successful in learning when it has achieved the value of classical learning completeness of 70. The subjects of this study are students of class IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane. The research design used is a classroom action research design conducted in two cycles. Data collection research using test techniques. The result of this research is there is improvement of student ability in IPS study on class IX-1 students of SMP Negeri 1 Buntu Pane starting from cycle I and cycle II. The student's average score increased from 76.80 to 82.22. The result of IPS cycle I study test with average score reached 76.80 included in the category enough because it is in the range of values 61-75. IPS learning test results in cycle II obtained an average value of 82.22. Based on these data can be seen that the average value is included in either category that is within the range between 76-90. Achieving the score means it has met even exceed the target set. Keywords: pictures, money Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane dalam memahami sejarah terjadinya uang setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan menggunakan media gambar ini, siswa diharapkan mampu mendeskripsikan sejarah terjadinya uang dengan baik. Dalam penelitian tindakan kelas ini, siswa dikatakan berhasil dalam pembelajaran apabila telah mencapai nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penilitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam belajar IPS pada siswa kelas kelas IX-1 SMP Negeri 1 Buntu Pane mulai dari siklus I dan siklus II. Nilai-rata-rata siswa meningkat dari 76.80 menjadi 82.22. Hasil tes belajar IPS siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 76.80 termasuk dalam kategori cukup karena berada pada rentang nilai 61-75. Hasil tes belajar IPS pada siklus II didapat nilai rata-rata sebesar 82.22. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik yakni berada dalam rentang antara 76-90. Pencapaian skor tersebut berarti sudah memenuhi bahkan melampaui target yang sudah ditetapkan. Kata kunci: gambar, uang
id IOS5200.article-167
institution smart education
institution_id 1173
institution_type library:special
library
library Jurnal Global Edukasi
library_id 1392
collection Jurnal Global Edukasi
repository_id 5200
subject_area Pendidikan
city Kisaran
province SUMATERA UTARA
repoId IOS5200
first_indexed 2019-05-08T09:42:44Z
last_indexed 2019-05-08T09:42:44Z
recordtype dc
_version_ 1686320536165023744
score 17.538404