Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan fenomena yang ada menunjukan bahwa Tingkat penggunaan Aplikasi Pesan Instan LINE dikalangan mahasiswa FE UBB cukup tinggi dan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa untuk loyal pada merek Aplikasi Pesan Instan LINE ini antara lain brand image, brand trust dan reference group. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan variabel brand image,brand trust, reference group dan brand loyalty serta mengidentifikasi dan mengkaji pengaruh ketiga faktor terhadap brand loyalty Aplikasi Pesan Instan LINE baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 angkatan 2013-2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung. Teknik pengambilan sampel dengan metode Proportional Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 206 mahasiswa. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari brand image, brand trust dan reference group sedangkan variabel terikatnya adalah brand loyalty. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna aplikasi pesan instan LINE di FE UBB yang menghasikan thitung 4,551 > ttabel 1,9717 dan tingkat signifikansinya 0,000, brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna aplikasi pesan instan LINE di FE UBB yang menghasikan thitung 4,930 > ttabel 1,9717 dan tingkat signifikansinya 0,000, Reference Group berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna aplikasi pesan instan LINE di FE UBB yang menghasikan thitung 6,407 > ttabel 1,9717 dan tingkat signifikannya 0,000, dan brand image, brand trust dan reference group secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna aplikasi pesan instan LINE di FE UBB yang menghasilkan Fhitung 78,616 > Ftabel 2,65 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan Adjusted R Square 0,532 atau 53,2%, yakni berarti variasi variabel brand loyalty dapat dijelaskan oleh variabel brand image, brand trust dan reference group dan sisanya 46,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian.