Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Main Authors: Setiani, Ana, Lukman, Hamidah Suryani, Suningsih, Suningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Suryakancana , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.