Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Main Authors: Setiani, Ana, Lukman, Hamidah Suryani, Suningsih, Suningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Suryakancana , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054
ctrlnum article-958
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping</title><creator>Setiani, Ana</creator><creator>Lukman, Hamidah Suryani</creator><creator>Suningsih, Suningsih</creator><subject lang="id-ID">Problem based learning; mind mapping</subject><description lang="id-ID">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas &#xA0;ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I&#xA0; rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Suryakancana</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2020-12-05</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958</identifier><identifier>10.35194/jp.v9i2.958</identifier><source lang="en-US">PRISMA; Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020; 128-135</source><source>2614-4611</source><source>2089-3604</source><source>10.35194/jp.v9i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 PRISMA</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-958</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Setiani, Ana
Lukman, Hamidah Suryani
Suningsih, Suningsih
title Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping
publisher Universitas Suryakancana
publishDate 2020
topic Problem based learning
mind mapping
url https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.
id IOS5165.article-958
institution Universitas Suryakancana
institution_id 1249
institution_type library:university
library
library Jurnal PRISMA
library_id 1384
collection Jurnal PRISMA
repository_id 5165
subject_area Jurnal PRISMA
Pendidikan Matematika
Mathematics/Matematika
Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
city CIANJUR
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5165
first_indexed 2020-12-17T08:54:49Z
last_indexed 2020-12-17T08:54:49Z
recordtype dc
_version_ 1686315186906988544
score 17.538404