Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping
Main Authors: | Setiani, Ana, Lukman, Hamidah Suryani, Suningsih, Suningsih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Suryakancana
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958 https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054 |
ctrlnum |
article-958 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping</title><creator>Setiani, Ana</creator><creator>Lukman, Hamidah Suryani</creator><creator>Suningsih, Suningsih</creator><subject lang="id-ID">Problem based learning; mind mapping</subject><description lang="id-ID">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I  rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Suryakancana</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2020-12-05</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958</identifier><identifier>10.35194/jp.v9i2.958</identifier><source lang="en-US">PRISMA; Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020; 128-135</source><source>2614-4611</source><source>2089-3604</source><source>10.35194/jp.v9i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 PRISMA</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-958</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Setiani, Ana Lukman, Hamidah Suryani Suningsih, Suningsih |
title |
Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping |
publisher |
Universitas Suryakancana |
publishDate |
2020 |
topic |
Problem based learning mind mapping |
url |
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958 https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/958/1054 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi. |
id |
IOS5165.article-958 |
institution |
Universitas Suryakancana |
institution_id |
1249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Jurnal PRISMA |
library_id |
1384 |
collection |
Jurnal PRISMA |
repository_id |
5165 |
subject_area |
Jurnal PRISMA Pendidikan Matematika Mathematics/Matematika Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan |
city |
CIANJUR |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5165 |
first_indexed |
2020-12-17T08:54:49Z |
last_indexed |
2020-12-17T08:54:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686315186906988544 |
score |
17.538404 |