Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murid Kelas IV SD

Main Authors: Nurvitriawati, Nurvitriawati, Sulfasyah, Sulfasyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers , 2018
Online Access: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/1171
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/1171/1069
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Membaca Bahasa Indoensia Konsep Denah pada Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang hanya melibatkan satu kelas dan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Satuan eksperimen di lakukan secara acak (random). Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen one group pretest-posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa sebanyak 23 orang. Adapun instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Explicit Instruction dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Konsep Denah berpengaruh terhadap hasil membaca siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Keadaan ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa posttest yang diberi perlakuan melalui Model Explicit Instruction mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 69,47 dibandingkan dengan pretest yang tidak menerima perlakuan melalui model Explicit Instruction yaitu 47,65. Berdasarkan uji t baik taraf signifikan 5% diperoleh thitung 7,45 dan ttabel 1,71, karena thitung > ttabel maka ada pengaruh dalam penerapan Model Explicit Instruction terhadap hasil membaca yang diberi perlakuan melalui model Explicit Instruction. Maka berdasarkan pengujian tersebut penggunaan Model Explicit Instruction berpengaruh jika diterapkan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi konsep denah pada kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Model Explicit Instructio; Hasil Belajar Siswa