Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik

Main Authors: Siregar, Muhammad Fadlan, Abdilah, Tomi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JET (Journal of Electrical Technology) , 2019
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464
Daftar Isi:
  • AbstrakSepeda motor adalah alat transportasi berdaya angkut dua sampai tiga orang dengan jenis beban yang berbeda, penggunaan sepeda motor ini masih diminati oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah disebabkan harganya yang terjangkau dan dapat digunakan di daerah yang tidak dapat dilalui oleh mobil dan sejenisnya, namun semakin banyaknya penggunaan sepeda motor dapat menimbulkan polusi yang meningkat karena masih menggunakan bahan bakar premium atau sejenisnya. Salah satu cara di mana memanfaatkan energi matahari merupakan bagian pemanfaatkan sumber utama energi yang diharapkan juga sebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam pengurangan polusi udara adalah penggunaan sepeda motor listrik yang efisien dan tidak menimbulkan polusi udara serta ramah lingkungan. Analisa pemakaian daya baterai dengan jarak tempuh maksimal 25 km/jam dengan beban sebesar 58 – 70 kg dengan kapasitas daya baterai 80 Ah, kemudian menghitung besar arus yang terpakai maksimal 1 jam, dan lama arus yang terpakai pada baterai dengan jarak tempuh maksimal yang terpakai. Dari data penelitian pada penggukuran, menggunakan panel surya menghasilkan data tertinggi sebesar 0,55 ampere dengan waktu suhu aktual sebesar 310 / 220 Celcius, adapun jarak tempuh pada pada alat percobaan menggunakan waktu terlama berkisar 25 km/jam dengan berat beban lebih kurang 60 kg menggunakan arus sebesar 40,35 ampere dengan nilai penggunaan baterai selama 18 menit menggunakan total daya sebesar lebih kurang 726,03 watt.