Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik

Main Authors: Siregar, Muhammad Fadlan, Abdilah, Tomi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JET (Journal of Electrical Technology) , 2019
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik</title><creator>Siregar, Muhammad Fadlan</creator><creator>Abdilah, Tomi</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">AbstrakSepeda motor adalah alat transportasi berdaya angkut dua sampai tiga orang dengan jenis beban yang berbeda, penggunaan sepeda motor ini masih diminati oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah disebabkan harganya yang terjangkau dan dapat digunakan di daerah yang tidak dapat dilalui oleh mobil dan sejenisnya, namun semakin banyaknya penggunaan sepeda motor dapat menimbulkan polusi yang meningkat karena masih menggunakan bahan bakar premium atau sejenisnya. Salah satu cara di mana memanfaatkan energi matahari merupakan bagian pemanfaatkan sumber utama energi yang diharapkan juga sebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam pengurangan polusi udara adalah penggunaan sepeda motor listrik yang efisien dan tidak menimbulkan polusi udara serta ramah lingkungan. Analisa pemakaian daya baterai dengan jarak tempuh&#xA0; maksimal 25 km/jam dengan beban sebesar 58 &#x2013; 70 kg dengan kapasitas daya baterai 80 Ah, kemudian menghitung besar arus yang terpakai maksimal 1 jam, dan lama arus yang terpakai pada baterai dengan jarak tempuh maksimal yang terpakai. Dari data penelitian pada penggukuran, menggunakan panel surya menghasilkan data tertinggi sebesar 0,55 ampere dengan waktu suhu aktual sebesar 310 / 220&#xA0; Celcius, adapun jarak tempuh pada pada alat percobaan menggunakan waktu terlama berkisar 25 km/jam dengan berat beban lebih kurang 60 kg menggunakan arus sebesar 40,35 ampere dengan nilai penggunaan baterai selama 18 menit menggunakan total daya sebesar lebih kurang 726,03 watt.</description><publisher lang="en-US">JET (Journal of Electrical Technology)</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-10-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065</identifier><source lang="en-US">JET (Journal of Electrical Technology); Vol 4, No 3 (2019): Edisi Oktober; 116-120</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JET (Journal of Electrical Technology)</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Siregar, Muhammad Fadlan
Abdilah, Tomi
title Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik
publisher JET (Journal of Electrical Technology)
publishDate 2019
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464
contents AbstrakSepeda motor adalah alat transportasi berdaya angkut dua sampai tiga orang dengan jenis beban yang berbeda, penggunaan sepeda motor ini masih diminati oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah disebabkan harganya yang terjangkau dan dapat digunakan di daerah yang tidak dapat dilalui oleh mobil dan sejenisnya, namun semakin banyaknya penggunaan sepeda motor dapat menimbulkan polusi yang meningkat karena masih menggunakan bahan bakar premium atau sejenisnya. Salah satu cara di mana memanfaatkan energi matahari merupakan bagian pemanfaatkan sumber utama energi yang diharapkan juga sebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam pengurangan polusi udara adalah penggunaan sepeda motor listrik yang efisien dan tidak menimbulkan polusi udara serta ramah lingkungan. Analisa pemakaian daya baterai dengan jarak tempuh maksimal 25 km/jam dengan beban sebesar 58 – 70 kg dengan kapasitas daya baterai 80 Ah, kemudian menghitung besar arus yang terpakai maksimal 1 jam, dan lama arus yang terpakai pada baterai dengan jarak tempuh maksimal yang terpakai. Dari data penelitian pada penggukuran, menggunakan panel surya menghasilkan data tertinggi sebesar 0,55 ampere dengan waktu suhu aktual sebesar 310 / 220 Celcius, adapun jarak tempuh pada pada alat percobaan menggunakan waktu terlama berkisar 25 km/jam dengan berat beban lebih kurang 60 kg menggunakan arus sebesar 40,35 ampere dengan nilai penggunaan baterai selama 18 menit menggunakan total daya sebesar lebih kurang 726,03 watt.
id IOS5113.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection JET (Journal of Electrical Technology)
repository_id 5113
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi
Radiowave and Microwave Electronics/Elektronika Gelombang Radio dan Gelombang Pendek
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5113
first_indexed 2020-01-06T02:25:18Z
last_indexed 2020-01-06T02:25:18Z
recordtype dc
_version_ 1686309776430989312
score 17.538404