Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik
Main Authors: | Siregar, Muhammad Fadlan, Abdilah, Tomi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JET (Journal of Electrical Technology)
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik</title><creator>Siregar, Muhammad Fadlan</creator><creator>Abdilah, Tomi</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">AbstrakSepeda motor adalah alat transportasi berdaya angkut dua sampai tiga orang dengan jenis beban yang berbeda, penggunaan sepeda motor ini masih diminati oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah disebabkan harganya yang terjangkau dan dapat digunakan di daerah yang tidak dapat dilalui oleh mobil dan sejenisnya, namun semakin banyaknya penggunaan sepeda motor dapat menimbulkan polusi yang meningkat karena masih menggunakan bahan bakar premium atau sejenisnya. Salah satu cara di mana memanfaatkan energi matahari merupakan bagian pemanfaatkan sumber utama energi yang diharapkan juga sebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam pengurangan polusi udara adalah penggunaan sepeda motor listrik yang efisien dan tidak menimbulkan polusi udara serta ramah lingkungan. Analisa pemakaian daya baterai dengan jarak tempuh  maksimal 25 km/jam dengan beban sebesar 58 – 70 kg dengan kapasitas daya baterai 80 Ah, kemudian menghitung besar arus yang terpakai maksimal 1 jam, dan lama arus yang terpakai pada baterai dengan jarak tempuh maksimal yang terpakai. Dari data penelitian pada penggukuran, menggunakan panel surya menghasilkan data tertinggi sebesar 0,55 ampere dengan waktu suhu aktual sebesar 310 / 220  Celcius, adapun jarak tempuh pada pada alat percobaan menggunakan waktu terlama berkisar 25 km/jam dengan berat beban lebih kurang 60 kg menggunakan arus sebesar 40,35 ampere dengan nilai penggunaan baterai selama 18 menit menggunakan total daya sebesar lebih kurang 726,03 watt.</description><publisher lang="en-US">JET (Journal of Electrical Technology)</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-10-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065</identifier><source lang="en-US">JET (Journal of Electrical Technology); Vol 4, No 3 (2019): Edisi Oktober; 116-120</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JET (Journal of Electrical Technology)</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Siregar, Muhammad Fadlan Abdilah, Tomi |
title |
Perancangan Sistem Pengisian Listrik Berulang Secara Otomatis Pada Sepeda Motor Listrik |
publisher |
JET (Journal of Electrical Technology) |
publishDate |
2019 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/2065/1464 |
contents |
AbstrakSepeda motor adalah alat transportasi berdaya angkut dua sampai tiga orang dengan jenis beban yang berbeda, penggunaan sepeda motor ini masih diminati oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah disebabkan harganya yang terjangkau dan dapat digunakan di daerah yang tidak dapat dilalui oleh mobil dan sejenisnya, namun semakin banyaknya penggunaan sepeda motor dapat menimbulkan polusi yang meningkat karena masih menggunakan bahan bakar premium atau sejenisnya. Salah satu cara di mana memanfaatkan energi matahari merupakan bagian pemanfaatkan sumber utama energi yang diharapkan juga sebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam pengurangan polusi udara adalah penggunaan sepeda motor listrik yang efisien dan tidak menimbulkan polusi udara serta ramah lingkungan. Analisa pemakaian daya baterai dengan jarak tempuh maksimal 25 km/jam dengan beban sebesar 58 – 70 kg dengan kapasitas daya baterai 80 Ah, kemudian menghitung besar arus yang terpakai maksimal 1 jam, dan lama arus yang terpakai pada baterai dengan jarak tempuh maksimal yang terpakai. Dari data penelitian pada penggukuran, menggunakan panel surya menghasilkan data tertinggi sebesar 0,55 ampere dengan waktu suhu aktual sebesar 310 / 220 Celcius, adapun jarak tempuh pada pada alat percobaan menggunakan waktu terlama berkisar 25 km/jam dengan berat beban lebih kurang 60 kg menggunakan arus sebesar 40,35 ampere dengan nilai penggunaan baterai selama 18 menit menggunakan total daya sebesar lebih kurang 726,03 watt. |
id |
IOS5113.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2065 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
JET (Journal of Electrical Technology) |
repository_id |
5113 |
subject_area |
Electronics/Teknik Elektronika Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi Radiowave and Microwave Electronics/Elektronika Gelombang Radio dan Gelombang Pendek |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5113 |
first_indexed |
2020-01-06T02:25:18Z |
last_indexed |
2020-01-06T02:25:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686309776430989312 |
score |
17.538404 |