METODE KERJA PENGGANTIAN JEMBATAN JALAN KERETA API ANTARA PADANG-TABING-DUKU LINTAS TELUK BAYUR-SAWAHLUNTO

Main Authors: Pasaribu, Bangun, Sarifah, Jupriah, Tanjung, Darlina
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543/476
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-543
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">METODE KERJA PENGGANTIAN JEMBATAN JALAN KERETA API ANTARA PADANG-TABING-DUKU LINTAS TELUK BAYUR-SAWAHLUNTO</title><creator>Pasaribu, Bangun</creator><creator>Sarifah, Jupriah</creator><creator>Tanjung, Darlina</creator><description lang="en-US">Pulau Sumatera yang termasuk dalam kelompok kawasan telah berkembang di Indonesia, merupakan wilayah dengan perkembangan perekonomian yang sangat pesat dan potensial. Dalam rangka menangkap potensi tersebut dan meningkatkan kelancaran arus barang dan penumpang di wilayah Sumatera Barat, Pemerintah berusaha untuk meningkatkan peran moda kereta api. Moda kereta api merupakan moda transportasi yang dianggap tepat dipilih untuk misi tersebut mengingat moda kereta api memiliki kemampuan kapasitas angkut yang besar, kecepatan yang stabil karena memiliki jaringan tersendiri, pemeliharaan infrastruktur yang rendah, hemat energi, dan memiliki tingkat polusi yang rendah. Untuk kelancaran moda kereta api ini, salah satu bagian yang penting adalah pembangunan jembatan kereta api, mengingat route yang akan dilalui moda kereta api tidak hanya berupa lahan daratan yang rata, akan tetapi dapat juga melintasi sungai, lembah dan sebagainya sehingga diperlukan pembuatan jembatan kereta api untuk menunjang operasionalnya. Sebagai salah satu upaya meningkatkan peran sarana dan prasarana transportasi antara lain adalah dengan melakukan peningkatan infrastruktur eksisting pada Jembatan sungai Basco, Antara Padang-Tabing-Duku Lintas Teluk Bayur-Sawahlunto dan Jembatan Antara Tabing-Duku-Lubuk Alung Lintas Teluk Bayur &#x2013; Sawahlunto&#xA0; yang dilaksanakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Barat.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-06-23</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 13, No 3 (2018): Edisi Mei; 224-227</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543/476</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-543</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
Journal:eJournal
author Pasaribu, Bangun
Sarifah, Jupriah
Tanjung, Darlina
title METODE KERJA PENGGANTIAN JEMBATAN JALAN KERETA API ANTARA PADANG-TABING-DUKU LINTAS TELUK BAYUR-SAWAHLUNTO
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/543/476
contents Pulau Sumatera yang termasuk dalam kelompok kawasan telah berkembang di Indonesia, merupakan wilayah dengan perkembangan perekonomian yang sangat pesat dan potensial. Dalam rangka menangkap potensi tersebut dan meningkatkan kelancaran arus barang dan penumpang di wilayah Sumatera Barat, Pemerintah berusaha untuk meningkatkan peran moda kereta api. Moda kereta api merupakan moda transportasi yang dianggap tepat dipilih untuk misi tersebut mengingat moda kereta api memiliki kemampuan kapasitas angkut yang besar, kecepatan yang stabil karena memiliki jaringan tersendiri, pemeliharaan infrastruktur yang rendah, hemat energi, dan memiliki tingkat polusi yang rendah. Untuk kelancaran moda kereta api ini, salah satu bagian yang penting adalah pembangunan jembatan kereta api, mengingat route yang akan dilalui moda kereta api tidak hanya berupa lahan daratan yang rata, akan tetapi dapat juga melintasi sungai, lembah dan sebagainya sehingga diperlukan pembuatan jembatan kereta api untuk menunjang operasionalnya. Sebagai salah satu upaya meningkatkan peran sarana dan prasarana transportasi antara lain adalah dengan melakukan peningkatan infrastruktur eksisting pada Jembatan sungai Basco, Antara Padang-Tabing-Duku Lintas Teluk Bayur-Sawahlunto dan Jembatan Antara Tabing-Duku-Lubuk Alung Lintas Teluk Bayur – Sawahlunto yang dilaksanakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Barat.
id IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-543
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection Buletin Utama Teknik
repository_id 5112
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Teknik Industri, Mesin
Teknik Informatika
Civil Engineering/Teknik Sipil
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5112
first_indexed 2018-07-10T07:29:25Z
last_indexed 2018-07-10T07:29:25Z
recordtype dc
_version_ 1686309612714721280
score 17.538404