Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng

Main Authors: Meilani, Dian, Dantes, N., Tika, I.N.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412
http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration) terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada peserta didik kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Gugus 15 kecamatan Buleleng yang berjumlah 198 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 46 orang, dengan Teknik pengambilan sampel random sampling. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA Satu Jalur, uji ANAKOVA, dan Uji Product Moment.