Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk Perawatan Tubuh

Main Authors: Paramita Purnama, Rosita Anggraini, Arintowati Hartono, Irwansyah, Niken F. Ernungtyas
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.stainparepare.ac.id/index.php/komunida/article/view/1123
http://ejurnal.stainparepare.ac.id/index.php/komunida/article/view/1123/638
Daftar Isi:
  • Media Social Instagram turn marketing communication into interactive. On theother hand conventional approaches such as word of mouth are still used to drivepurchasing decisions. The study discusses four main concepts namely exposure toadvertising on social media, word of mouth, and interactive marketing communication asindependent variables. While the purchase decision as the dependent variable. The articleaims to describe the influence between advertising exposure, word of mouth andinteractive marketing communication on purchasing decisions in the context of body careproducts and services. This study collects data through online surveys. Respondents (n =100) come from Instagram account followers @thecliniccipete and are chosen based onmembership or have made a previous purchase. Data analysis used univariate analysisfor demographic data and bivariate analysis for variables. Bivariate analysis uses simple linear regression to test three hypotheses. The result of regression test shows thatstatistically all hypotheses have an influence on purchasing decisions with different levelsof influence strength. Ad exposure and word of mouth variables show a strong influenceon purchasing decisions. However, interactive marketing communication shows amoderate influence on purchasing decisions. Based on the three hypotheses known wordof mouth is the most powerful variable that explains purchasing decisions in the contextof body care products and services. 
  • Sosial media Instagram mengubah komunikasi pemasaran menjadi interaktif. Disisi lain pendekatan konvensional seperti word of mouth masih digunakan untukmendorong keputusan pembelian. Penelitian membahas empat konsep utama yaituterpaan iklan di media sosial, word of mouth, dan komunikasi pemasaran interaktifsebagai variabel independent. Sedangkan keputusan pembelian sebagai variabeldependen. Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara terpaan iklan, wordof mouth dan komunikasi pemasaran interaktif terhadap keputusan pembelian dalamkonteks produk dan jasa perawatan tubuh. Penelitian mengumpulkan data melalui surveisecara online. Responden (n = 100) berasal dari follower akun Instagram@thecliniccipete dan dipilih berdasarkan keanggotaan atau pernah melakukanpembelian sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk datademografi dan analisis bivariat untuk variabel. Analisis bivariat menggunakan regresilinear sederhana untuk menguji tiga hipotesis. Hasil uji regresi menunjukkan secarastatistik seluruh hipotesis memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengantingkat kekuatan pengaruh yang berbeda-beda. Variabel terpaan iklan dan word ofmouth menunjukkan berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian. Namunkomunikasi pemasaran interaktif menunjukkan pengaruh moderat terhadap keputusanpembelian. Berdasarkan ketiga hipotesis tersebut diketahui word of mouth merupakanvariabel paling kuat yang menjelaskan keputusan pembelian dalam konteks produk danjasa perawatan tubuh.