Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dengan Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunitasi Matematis Siswa SMP Bina Putra Seputih Agung Lampung Tengah

Main Author: Sariman,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6998/1/42714.pdf
http://repository.ut.ac.id/6998/
Daftar Isi:
  • Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis merupakan kemampuan berpikir dan sikap matematis yang harus dimiliki siswa. Melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan aktivitas Quick On The Draw diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dengan aktivitas Quick On The Draw terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu, yaitu pretest-postest kelompok tanpa acak dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Bina Putra Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Analisis data yang digunakan adalah tes parametrik. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan aktivitas Quick On The Draw lebih baik dibanding dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan aktivitas Quick On The Draw berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa.