Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Sibolga Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis
Main Author: | Dahlan, Andi Yos |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6465/1/42392.pdf http://repository.ut.ac.id/6465/ |
Daftar Isi:
- SMA Negeri 1 Sibolga merupakan salah satu sekolah yang herada pada pembinaan Dinas Pendidikan Kota Sibolga. Sebagai salah satu SMA negeri yang kiprahnya dimulai sejak tahun 1956 seyogianya sekolah ini dapat menjadi sekolah pcrcontohan bagi sekolah sederajat lain di luar Kota Sibolga. Namun dalam pelaksanaannya akhir-akhir ini kinerja pelayanan sekolah menwujukkan kecendenmgan yang kurang memuaskan. Hal ini diidentifikasi dari fasilitas alat dan hahan pratikum pada laboratorium IPA. Bahasa dan Komputer yang kurang memadai. fasilitas buku-buku perpustakaan yang kurang lengkap, toilet yang kurang bersih, pelayanan konseling yang kurang efektif serta penggunaan bantuan dana yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Sibolga dan menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut mutu pelayanan SMA Negeri 1 Sibolga dengan mcnggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Untuk mengetahui tujuan tersebut peneliti mcnggunakan metode survey dengan mcngamhil 90 orang siswa sebagai sampel dan kuesioncr digunakan sehagai alat utama untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan metode servqual,baik secara item per item atribut pelayanan yang diteliti analisis per dimensi, analisis ukuran tunggal serta metode IPA. Dari hasil hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Sibolga berada pada gap skor servqua/ -0.92 atau kategori kurang memuaskan. Analisis dimensi atribut pelayanan SMA Negeri 1 Siolga menunjukkan bahwa atribut mutu pada dimensi reliability dan empathy berada pada kategori cukup puas, sedangkan atribut mutu pada dimensi tangible,responsiveness dan assurance berada pada kategori kurang memuaskan. Analisis matriks IPA SMA Negeri 1 Sibolga menunjukkan bahwa terc!apat tiga atribut pelayanan yang perlu mendapat prioritas utama perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan siswa. Atribut mutu tersebut adalah air bak pada toilet sekolah selalu tersedia dan kondisi toilet selalu bersih, jaminan dari kepala sekolah mendukung semua bentuk kegiatan sekolah, dan empathy dari guru dan kepala sekolah atas permasalahan kegiatan belajar, keluhan pribadi siswa, dan kebutuhan pengembangan karir siswa.