Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar
Main Author: | Popy Maisury, 291324980 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4385/2/Popy%20Maisury.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4385/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4385/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Hasil observasi menunjukkan proses pembelajaran di SMAN 1 Mesjid Raya terdapat permasalahan seperti penyajian materi yang dilakukan di sekolah masih monoton, sebagian siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada pemecahan masalah kimia terutama pada materi sifat koligatif larutan. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa secara aktif dalam kelas dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Double Loop Problem Solving (DLPS) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi sifat koligatif larutan di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Rancangan penelitian adalah desain pra-eksperimen, maka untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes gaya kognitif, tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA-1 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian persentase gaya kognitif siswa field dependent sebesar 63,3 %, dan gaya kognitif siswa field independent sebesar 36,7 %. Hasil analisis data uji t satu sampel (one Sampel t Test) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari pada siswa dengan gaya kognitif field dependent pada pembelajaran sifat koligatif larutan dengan menerapkan model pebelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar