Pengaruh Kualitas Pelayanan Frontliner Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Kalsel syariah Kedai Martapura
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh parsial dan simultan dari variabel kualitas pelayanan (X), yang terdiri dari empat dimensi yaitu: tingkah laku, kehandalan, daya tanggap,dan bukti fisik/nyata sebagai variabel independen, terhadap loyalitas nasabah (Y). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan nasabah Bank Kalsel Syariah Kedai Martapura sebesar 600 orang, data dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, jumlah responden 86 orang. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 43,10% terhadap loyalitas nasabah Bank Kalsel Syariah Kedai Martapura dan sisanya 56,90% dipengaruhi oleh faktor lain.Secara parsial (uji t) ada dua variabel yang berpengaruh yaitu kehandalan hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dimana nilai t-hitung sebesar 6,225 > dari t-tabel sebesar 1,66388 dan bukti fisik/nyata dengan nilai hitung t-hitung¬¬ sebesar 1,867 > dari t¬-tabel sebesar 1,66388. Secara simultan (uji f) seluruh kualitas pelayanan (tingkah laku, kehandalan, daya tanggap dan bukti fisik/nyata) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Kalsel Kantor Cabang Pembantu Syariah Kedai Martapura dengan hasil fhitung (63,702) > dari nilai ftabel (2,48). Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, kehandalan dan bukti fisik/nyata yang tertanam dibenak nasabah maka akan semakin tinggi loyalitas nasabah di Bank Kalsel Syariah Kedai Martapura.