Daftar Isi:
  • Taufik Rahman. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas IV di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV A yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas IV B yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Objek dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV MIN Pandak Daun dengan materi bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata sebesar 74,8 dan berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 61,8 dan berada pada kategori “Cukup Baik”.