ctrlnum 7315
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan</title><creator>Rahman, Taufik</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Taufik Rahman. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas IV di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV A yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas IV B yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Objek dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV MIN Pandak Daun dengan materi bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata sebesar 74,8 dan berada pada kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 61,8 dan berada pada kategori &#x201C;Cukup Baik&#x201D;.</description><date>2016</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/1/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/2/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/3/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rahman, Taufik (2016) Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. [Skripsi] </identifier><recordID>7315</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahman, Taufik
title Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan
publishDate 2016
topic LB Theory and practice of education
url http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/1/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/3/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/4/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/5/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/6/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/7/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/8/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/10/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/7315/
contents Taufik Rahman. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas IV di MIN Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IV A yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas IV B yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Objek dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivements Division (STAD) pada materi bangun datar kelas IV semester 1 siswa MIN Pandak Daun. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV MIN Pandak Daun dengan materi bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata sebesar 74,8 dan berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 61,8 dan berada pada kategori “Cukup Baik”.
id IOS4802.7315
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:15:36Z
last_indexed 2017-10-30T02:15:36Z
recordtype dc
_version_ 1684873935598911488
score 17.538404