Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Rahayu, Nurul Puji
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/622/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/622/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/622/
Daftar Isi:
  • Nurul Puji Rahayu. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M.Pd.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IXA (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur) dan kelas IXB (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT)). Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kedua kelas berada pada kualifikasi baik. Hasil perhitungan dari uji beda didapat harga thitung kurang dari ttabel lebih dari -ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015.