Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Rahayu, Nurul Puji |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/622/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/622/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/622/ |
ctrlnum |
622 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/622/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor
Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX
SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015</title><creator>Rahayu, Nurul Puji</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Nurul Puji Rahayu. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor
Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX
SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M.Pd.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur
dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together
(NHT). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe numbered heads together (NHT).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran
2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IXA (menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur) dan kelas IXB
(menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together
(NHT)). Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada
materi bangun ruang sisi lengkung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kedua kelas berada
pada kualifikasi baik. Hasil perhitungan dari uji beda didapat harga thitung kurang
dari ttabel lebih dari -ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur
dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads
together (NHT) kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran
2014/2015.</description><date>2014</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/622/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/622/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Nurul Puji (2014) Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. [Skripsi] </identifier><recordID>622</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rahayu, Nurul Puji |
title |
Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor
Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX
SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015 |
publishDate |
2014 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://idr.uin-antasari.ac.id/622/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/622/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/622/ |
contents |
Nurul Puji Rahayu. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor
Struktur dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX
SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M.Pd.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur
dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together
(NHT). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe numbered heads together (NHT).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran
2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IXA (menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur) dan kelas IXB
(menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together
(NHT)). Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada
materi bangun ruang sisi lengkung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kedua kelas berada
pada kualifikasi baik. Hasil perhitungan dari uji beda didapat harga thitung kurang
dari ttabel lebih dari -ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur
dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads
together (NHT) kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin tahun pelajaran
2014/2015. |
id |
IOS4802.622 |
institution |
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
institution_id |
1009 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
library_id |
907 |
collection |
Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari |
repository_id |
4802 |
city |
KOTA BANJARMASIN |
province |
KALIMANTAN SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4802 |
first_indexed |
2017-10-30T02:14:26Z |
last_indexed |
2017-10-30T02:14:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683450859707432960 |
score |
17.538404 |