Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin

Main Author: Markiawati, Markiawati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/
ctrlnum 2021
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/</relation><title>Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin</title><creator>Markiawati, Markiawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Markiawati, 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah.&#xD; Pembimbing : (I) Drs. Imran Sarman, M.Ag (II) Dra. Rusdiah, M.Pd.I&#xD; &#xD; Kata Kunci : Pemahaman akhlak, metode kerja kelompok&#xD; &#xD; Rendahnya nilai rata &#x2013; rata kelas pada siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 8 pada semester I tahun ajaran 2008 / 2009 yaitu 6,00. Hal ini diakibatkan dari rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi akhlak.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan ingin mengetahui apakah dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi akhlak. Sebagai objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin yang berjumlah 22 orang terdiri dari 11 orang perempuan dan 11 orang laki &#x2013; laki.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini digali melalui format observasi kegiatan pembelajaran dan format observasi kemajuan siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok. Alat evaluasi berupa tes hasil belajar pada akhir KBM. Analisis hasil tes digunakan indikator ketuntasan belajar yaitu nilai rata &#x2013; rata di atas 7,00 dinyatakan berhasil.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemajuan siswa meningkat setelah melakukan 2 kali siklus dan 4 kali pertemuan. Hasil tes siklus I pertemuan I yaitu dengan nilai rata - rata 6,0 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 40,91%, pertemuan 2 dengan nilai rata &#x2013; rata 6,5 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan 3 dengan nilai rata &#x2013; rata 7,1 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 68,19%, pertemuan 4 dengan rata &#x2013; rata 8,0 anak medapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 90,9% dan hasil tersebut telah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu siiswa memperoleh nilai rata &#x2013; rata minimal 7,0. Penggunaan metode kerja kelompok memberikan kemudahan bagi siswa dalam meningkatkan pemahaman materi akhlak.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dalam mengajar untuk meningkatkan pemahaman materi akhlak menggunakan metode kerja kelompok.</description><date>2009</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Markiawati, Markiawati (2009) Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin. [Skripsi] </identifier><recordID>2021</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Markiawati, Markiawati
title Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin
publishDate 2009
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2021/
contents Markiawati, 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : (I) Drs. Imran Sarman, M.Ag (II) Dra. Rusdiah, M.Pd.I Kata Kunci : Pemahaman akhlak, metode kerja kelompok Rendahnya nilai rata – rata kelas pada siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 8 pada semester I tahun ajaran 2008 / 2009 yaitu 6,00. Hal ini diakibatkan dari rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi akhlak. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan ingin mengetahui apakah dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi akhlak. Sebagai objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin yang berjumlah 22 orang terdiri dari 11 orang perempuan dan 11 orang laki – laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini digali melalui format observasi kegiatan pembelajaran dan format observasi kemajuan siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok. Alat evaluasi berupa tes hasil belajar pada akhir KBM. Analisis hasil tes digunakan indikator ketuntasan belajar yaitu nilai rata – rata di atas 7,00 dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemajuan siswa meningkat setelah melakukan 2 kali siklus dan 4 kali pertemuan. Hasil tes siklus I pertemuan I yaitu dengan nilai rata - rata 6,0 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 40,91%, pertemuan 2 dengan nilai rata – rata 6,5 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan 3 dengan nilai rata – rata 7,1 anak mendapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 68,19%, pertemuan 4 dengan rata – rata 8,0 anak medapatkan nilai di atas tuntas sebanyak 90,9% dan hasil tersebut telah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu siiswa memperoleh nilai rata – rata minimal 7,0. Penggunaan metode kerja kelompok memberikan kemudahan bagi siswa dalam meningkatkan pemahaman materi akhlak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dalam mengajar untuk meningkatkan pemahaman materi akhlak menggunakan metode kerja kelompok.
id IOS4802.2021
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:14:42Z
last_indexed 2017-10-30T02:14:42Z
recordtype dc
_version_ 1683450868887715840
score 17.538404