ctrlnum 95
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/95/</relation><title>Pengembangan Permainan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepedulian Pada Hewan Langka</title><creator>-, Fransnesa</creator><subject>006.8 Augmented and virtual reality</subject><description>Populasi orangutan dari tahun ke tahun mengalami penurunan, kemungkinan penurunan populasi ini masih akan terus terjadi, salah satu yang menjadi alasan utama terjadinya penurunan populasi orangutan dikarenakan oleh penangkapan dan perdagangan liar yang dilakukan manusia. Kepedulian masyarakat mengenai masalah kepunahan hewan khususnya orangutan dapat dikatakan masih terbilang rendah, maka dari itu dibutuhkan media untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hal tersebut sejak usia dini. Media yang paling menyenangkan dan dapat diterima masyarakat dengan mudah adalah melalui suatu permainan atau game. Melalui penelitian ini dilakukan pengembangan permainan untuk meningkatkan kepeduliaan pada hewan langka, permainan dibuat dengan menggunakan teknologi augmented reality. Berdasarkan hasil pengujian kepada dua orang ahli media, game ini dapat dikatakan sangat baik untuk digunakan dengan persentase kelayakan 84% dan 86%. Pengujian juga dilakukan kepada anak umur 6-13 tahun dengan hasil pengujian game menyenangkan dan dapat meningkatkan kepeduliaan kepada orangutan. Hal ini terbukti dengan hasil pengujian yang menyatakan persentase kelayakan game yang dibuat secara keseluruhan adalah 81,39% atau bisa dikatakan sangat baik.</description><date>2017-06-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/1/Bagian%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/8/BAB%20VII.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/95/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> -, Fransnesa (2017) Pengembangan Permainan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepedulian Pada Hewan Langka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2017/265/051705137</relation><recordID>95</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author -, Fransnesa
title Pengembangan Permainan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepedulian Pada Hewan Langka
publishDate 2017
topic 006.8 Augmented and virtual reality
url http://repository.ub.ac.id/95/1/Bagian%20Depan.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/3/BAB%20II.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/4/BAB%20III.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/6/BAB%20V.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/7/BAB%20VI.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/8/BAB%20VII.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/95/
contents Populasi orangutan dari tahun ke tahun mengalami penurunan, kemungkinan penurunan populasi ini masih akan terus terjadi, salah satu yang menjadi alasan utama terjadinya penurunan populasi orangutan dikarenakan oleh penangkapan dan perdagangan liar yang dilakukan manusia. Kepedulian masyarakat mengenai masalah kepunahan hewan khususnya orangutan dapat dikatakan masih terbilang rendah, maka dari itu dibutuhkan media untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hal tersebut sejak usia dini. Media yang paling menyenangkan dan dapat diterima masyarakat dengan mudah adalah melalui suatu permainan atau game. Melalui penelitian ini dilakukan pengembangan permainan untuk meningkatkan kepeduliaan pada hewan langka, permainan dibuat dengan menggunakan teknologi augmented reality. Berdasarkan hasil pengujian kepada dua orang ahli media, game ini dapat dikatakan sangat baik untuk digunakan dengan persentase kelayakan 84% dan 86%. Pengujian juga dilakukan kepada anak umur 6-13 tahun dengan hasil pengujian game menyenangkan dan dapat meningkatkan kepeduliaan kepada orangutan. Hal ini terbukti dengan hasil pengujian yang menyatakan persentase kelayakan game yang dibuat secara keseluruhan adalah 81,39% atau bisa dikatakan sangat baik.
id IOS4666.95
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:29:51Z
last_indexed 2021-10-18T02:06:18Z
recordtype dc
_version_ 1730142658336129024
score 17.538404