Peran Perceived Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Intensi Pembelian Online Yang Di Moderatori Kepribadian Openness

Main Author: Arista, Arfiana Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8776/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived electronic word of mouth (EWOM) terhadap intensi pembelian online secara langsung, serta kemampuan trail openness sebagai variabel moderator. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Partisipan dart' penelitian ini merupakan 313 subjek yang pemah membaca EWOM, yaitu baik ulasan atau testimoni online di situs belanja online atau di media social lainnya. Mat ukur yang digunakan adalah skala perceived EWOM Mari Bataineh (2015), skala intensi dari Kautonen, dkk. (2013) berdasarkan teori Ajzen (2011), dan skala Big Five Inventory yang telah diterjemahkan oleh Ramdhani (2012) untuk trait openness. Analisis data menggunakan teknik simple moderation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived EWOM memiliki peran yang signifikan terhadap intensi pernbelian online. Nilai signifikansi (p < 0.05) pada interaksi antara perceived EWOM, trait openness, dan intensi pembelian online menunjukkan bahwa trait openness mampu menjadi variabel moderator