Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Image Pada Situs Travel Online Traveloka (Studi Pada Pengguna Traveloka di Kota Malang)

Main Author: Faresha, Karlina Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8621/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap purchase intention pengguna Traveloka baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden yang diambil dari populasi konsumen Traveloka. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, dan minimal pernah 1 kali mengunjungi website atau membaca review online mengenai Traveloka. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 23. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel electronic word of mouth mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap purchase intention pengguna situs travel online Traveloka. Elecronic word of mouth juga mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap brand image pengguna situs travel online Traveloka. Brand image mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap purchase intention pengguna situs travel online Traveloka. Secara tidak langsung, brand image mempunyai pengaruh signifikan dapat memediasi pengaruh electronic word of muoth terhadap purchase intention pengguna situs travel online Traveloka di Kota Malang.