Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Getuk Pisang (Studi Kasus Usaha Dagang Getuk Pisang Di Kota Kediri)

Main Author: Astuti, Evi Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8584/
Daftar Isi:
  • Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era global, para pelaku IKM dituntut untuk mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki karakteristik yang khas sehingga memiliki keunggulan dibandingkan produk-produk kompetitor. Salah satu IKM yang bergerak dibidang produksi makanan serta pengolahan hasil pertanian di Kota Kediri adalah UD. Geruk Pisang. UD. Getuk Pisang merupakan salah satu IKM di Kota Kediri yang mengolah hasil pertanian berbahan dasar pisang menjadi getuk pisang. Semakin banyaknya merek getuk pisang yang dijual di Kota Kediri, mengharuskan produsen getuk pisang untuk mampu menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat. Tingkat persaiangan UD. Getuk Pisang terjadi akibat banyaknya produk sejenis yang berasal dari beberapa produsen getuk pisang lainnya. Sehingga UD. Getuk Pisang harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk dapat mampu bertahan pada persaingan pasar getuk pisang di Kota Kediri. Selain itu, UD. Getuk Pisang dalam waktu beberapa bulan terakhir ini mengalami fluktuasi volume penjualan. Total penjualan UD. Getuk Pisang mengalami penurunan dan peningkatan yang tidak signifikan. Oleh karena ittu, UD. Getuk Pisang perlu melakukan perancangan strategi pemasaran yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan dan membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk getuk pisangnya. Dengan menganalisis bauran pemasaran yang telah dilakukan dapat memberikan informasi kepada UD. Getuk Pisang mengenai produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Sehingga, UD. Getuk Pisang senatiasa melakukan perbaikan secara berkesinambungan seperti yang diharapkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk UD. Getuk Pisang dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). penelitian ini menganalisis bauran pemasaran 7P yang meliputi variabel produk, harga, tempat, orang bukti fisik, dan variabel proses. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk getuk pisang UD. Getuk Pisang adalah (1) variabel tempat/distribusi dengan nilai P sebesar 0,011 dan thitung sebesar 2,554, (2) variabel promosi dengan nilai P sebesar 0,035 dan thitung sebesar 2,110, variabel orang dengan nilai P sebesar *** dan thitung sebesar 5,508, dan variabel bukti fisik dengan nilai P sebesar *** dan thitung sebesar -4,490. Variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk getuk pisang UD. Getuk Pisang variabel produk, harga, dan proses. Berdasarkan hasil variabel yang signifikan didapat variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk UD. Getuk Pisang adalah variabel orang dengan nilai P *** dan thitung sebesar 5,508.