Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015
Main Author: | Yulia, Lavitta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8091/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa masalah yang dialami mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015 yaitu, kesulitan dalam mengartikan kanji, sehingga mahasiswa pendidikan bahasa jepang angkatan 2015 sering mengeluh, bahwa kanji adalah huruf yang rumit, sukar dipelajari, sukar diingat bahkan sebagai kendala yang paling besar dalam mempelajari bahasa Jepang. Kanji, merupakan karakter bahasa China yang digunakan dalam bahasa Jepang untuk menuliskan kata dasar. Untuk memahami makna suatu kanji, kita harus menganalisis karakter dasarnya, yaitu bushu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman bushu dan pengaruh pemahaman bushu terhadap kemampuan mengartikan kanji. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori bushu dan kanji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Soal tes yang telah dibuat, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman bushu terhadap mengartikan kanji pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2015. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman bushu responden adalah 81,2. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata pemahaman bushu dalam mengartikan kanji responden adalah 85,8. Jika dilihat dari kriteria nilai, nilai tersebut mempunyai kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, besarnya pengaruh Pemahaman Bushu (X) terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji (Y) adalah 50,7%. sedangkan sisanya yaitu 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain Pemahaman Bushu (X). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman bushu berpengaruh dalam mengartikan kanji